Selasa, 13 Maret 2012

Pengertian Hard disk ( apa itu hard disk? )

Hard disk drive (HDD, hard drive, hard disk, atau disk drive) adalah perangkat untuk menyimpan dan mengambil informasi digital, terutama data pada komputer. Ini terdiri dari satu atau lebih cakram keras yang berputar dengan cepat (sering disebut sebagai piringan keras), dilapisi dengan bahan magnetik dan dengan kepala magnet diatur untuk menulis data ke permukaan dan membaca data dari hard disk itu.

Selain digunakan untuk menyimpan data di dalam sebuah komputer ( internal HDD ), Hard disk juaga dapat digunakan external data storage ( penyimpanan eksternal data )

Hard drive tergolong non-volatile (data datanya tak bersifat sementara), random access, digital, magnetik, perangkat penyimpanan data. Hard disk pertamakali diperkenalkan oleh IBM pada tahun 1956, hard disk drive telah menurun dalam segi harga dan ukuran fisiknya.
Selama bertahun-tahun secara dramatis hard disk meningkatkan kecepatan.dan daya simpannya

Hard disk drive telah menjadi dominan untuk perangkat penyimpanan sekunder data dalam komputer tujuan umum sejak awal 1960-an. Mereka telah mempertahankan posisinya ini karena kemajuan dalam kapasitas rekaman mereka, biaya, kehandalan, dan kecepatan telah terus berpacu dengan persyaratan untuk penyimpanan sekunder.

Komponen Hard disk


Sebuah disk drive biasanya memiliki dua motor listrik; motor disk yang berputar disk dan aktuator (motor) yang menempatkan sebuah head untuk baca dan tulis data pada disk yang berputar.

Motor disk memiliki sebuah rotor eksternal yang melekat pada disk; gulungan stator tetap di tempatnya.
Lengan dukungan Head sangat ringan, tetapi juga kaku; pada hard drive modern, akselerasi di head mencapai 550 g.

Struktur berwarna perak di bagian kiri atas gambar pertama adalah pelat atas aktuator, magnet permanen dan motor penggerak kumparan yang swings kepala ke posisi yang diinginkan (yang terlihat dibuang di gambar kedua).

Piring mendukung neodymium-magnet (NIB) high-flux magnet. Di bawah pelat ini adalah kumparan bergerak, sering disebut sebagai kumparan suara dengan analogi ke koil di pengeras suara, yang melekat ke hub aktuator, dan di bawahnya adalah magnet NIB kedua, dipasang pada pelat dasar dari motor (beberapa drive hanya memiliki satu magnet).

Kumparan suara itu sendiri berbentuk agak seperti sebuah mata panah, dan terbuat dari kawat tembaga ganda dilapisi magnet. Lapisan dalam adalah isolasi, dan luar adalah termoplastik.
Bagian-bagian dari gulungan sepanjang dua sisi dari panah (yang mengarah ke pusat bantalan aktuator) berinteraksi dengan medan magnet, mengembangkan gaya tangensial yang berputar actuator.
Arus yang mengalir radial luar sepanjang satu sisi panah dan radial ke arah dalam di sisi lain menghasilkan gaya tangensial. Jika medan magnet yang seragam, masing-masing pihak akan menghasilkan kekuatan yang berlawanan yang akan membatalkan satu sama lain.

Oleh karena itu permukaan magnet adalah setengah tiang tiang N, S setengah, dengan garis pemisah radial di tengah, menyebabkan kedua sisi kumparan untuk melihat medan magnet yang berlawanan dan menghasilkan kekuatan yang menambah bukan membatalkan. Arus di bagian atas dan bawah gulungan radial menghasilkan kekuatan yang tidak memutar head.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More